• Pendidikan dan pengajaran
  • Penelitian dan pengembangan
  • Pengabdian pada masyarakat

 Kategori
 Detail view full text

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA KELAS V SD NEGERI 02 WIRODITAN KABUPATEN PEKALONGAN

119740 bytes

Sri Utami, Muhamad Afandi,

Abstrak

        

ABSTRAK

 

Kekurangaktifan siswa dan rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD, salah satunya disebabkan oleh ketidaktepatan guru dalam penerapan metode pembelajaran. tujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode role playing dan untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar siswa melalui metode role playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan   dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, implementasi, evaluasi, dan refleksi. Sedangkan instrumen penelitian  menggunakan lembar observasi/pengamatan, tes hasil belajar, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada saat pretes pencapaian nilai rata-rata kelas hanya 52, tetapi setelah dilaksanakan tindakan perbaikan mengalami peningkatan, yaitu siklus I nilai rata-rata 60 dan siklus II meningkat menjadi 69,5.Penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kondisi awal (sebelum pengguanaan metode role playing) adalah 0%, berangsur-angsur meningkat menjadi 30 % pada siklus I dan 70 % pada siklus II.

        Kata kunci:

Item Type: 
Subjects: 
Divisions: 
Deposited By: 
Deposited On: 
Last Modified: 
Article
-
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Jurusan
Muhamad Afandi
02 Oktober 2015, 15:39:39
00 0000, 00:00:00
Sultan Agung Islamic University | Scientific Publications Repository is developed by the Information System Bureau of Sultan Agung Islamic University
View My Stats