• Pendidikan dan pengajaran
  • Penelitian dan pengembangan
  • Pengabdian pada masyarakat

 Kategori
 Detail view full text

PERAN HALANGAN BERPINDAH DALAM MEMEDIASI KEPUASAN DAN RETENSI PELANGGAN

3003524 bytes

Nunung Ghoniyah,,

Abstrak

        

ABSTRAK

Artikel ini menjelaskan tentang peran faktor-faktor yang menyebabkan konsumen tidak berpindah ke penyedia jasa lain. Selama ini, kepuasan pelanggan menjadi focus strategi perusahaan, karena kepuasan pelanggan menjadi predictor utama retensi pelanggan. Namun perlu dipahami bahwa terdapat variable lain yang berperan memediasi kepuasan dengan retensi pelanggan, yaitu halangan berpindah. Hal ini penting sehubungan dengan sifat-sifat khusus jasa yang menyebabkan pencapaian kepuasan menjadi berfluktuasi. Halangan berpindah yang dimaksud adaah hubungan interpersonal, biaya berpindah dan daya tarik pesaing. Jika perusahaan dapat menciptakan hubungan yang baik antara pelanggan dengan karyawan, menciptakan biaya berpindah yang tinggi dengan berbagai program loyalitas dan pelanggan tidak mempunyai alternative lain karena keunikan jasa, maka kinerja yang tidak optimalpun dapat menahan konsumen untuk tidak berpindah.

 

Kata kunci : halangan berpindah, kepuasan retensi pelanggan

 

        Kata kunci:

Item Type: 
Subjects: 
Divisions: 
Deposited By: 
Deposited On: 
Last Modified: 
Article
-
Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Nunung Ghoniyah,
26 Februari 2016, 02:14:23
00 0000, 00:00:00
Sultan Agung Islamic University | Scientific Publications Repository is developed by the Information System Bureau of Sultan Agung Islamic University
View My Stats