• Pendidikan dan pengajaran
  • Penelitian dan pengembangan
  • Pengabdian pada masyarakat

 Kategori
 Detail view full text

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE BERBASISKAN BUDAI PADA PENURUNAN RUMUS-RUMUS VOLUME BANGUN RUANG SECARA INDUKTIF

10451141 bytes

Mohamad Aminudin,

Abstrak

        

Geometri ruang merupakan cabang matematika yang diajarkan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, namun berdasarkan hasil observasi bahwa sebagian besar mahasiswa kurang memahami penurunan rumus-rumus valume bangun ruang secara induktif. Berpikir induktif dalam matematika merupakan cara berpikir dari unsur-unsur atau pola-pola menuju ke suatu generalisasi. Menurut Teori Van Hiele tentang pembelajaran geometri, bahwa tingkat kemampuan  berpikir    dalam  belajar  geometri  meliputi  lima  tingkat,  yaitu visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi, dan rigor. Pembelajaran semakin bermakna apabila budaya akademik islam diterapkan di awal pembelajaran, proses pembelajaran, dan akhir pembelajaran. Hal itu dilakukan untuk menjaga kesadaran dan niat lurus untuk senantiasa belajar sebagai bentuk ibadah dalam belajar matematika khususnya memahami penurunan rumus-rumus valume bangun ruang secara induktif.

Berdasarkan uji banding kemampuan penyelesaian masalah pada penurunan rumus-rumus volume bangun ruang secara induktif maka kelompok mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berdasarkan teori van hiele berbasis Budai memiliki nilai rata-rata sebesar 70,36 lebih besar dari pada keompok mahasiswa yang tidak mendapatkan pembelajaran tersebut.

        Kata kunci:

Item Type: 
Subjects: 
Divisions: 
Deposited By: 
Deposited On: 
Last Modified: 
Article
-
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Matematika
Mohamad Aminudin
02 September 2014, 06:13:50
00 0000, 00:00:00
Sultan Agung Islamic University | Scientific Publications Repository is developed by the Information System Bureau of Sultan Agung Islamic University
View My Stats