• Pendidikan dan pengajaran
  • Penelitian dan pengembangan
  • Pengabdian pada masyarakat

 Kategori
 Detail view full text

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL EDUTAINMENT BERBASIS BUDAYA LOKAL DI DAERAH BENCANA

122563 bytes

Imam Kusmaryono,

Abstrak

        Bencana alam memberikan pembelajaran untuk berpikir kreatif dengan ide-ide pengembangan dalam menangani bencana, maupun pasca bencana. Dalam konteks pembelajaran matematika, keterbatasan berbagai fasilitas akibat bencana dapat dieliminasi dengan mengintroduksikan pembelajaran matematika yang mengoptimalkan nilai-nilai budaya lokal. Pada hakikatnya pendidikan matematika formal merupakan suatu proses interaksi kebudayaan dan setiap peserta didik mengalami budaya dalam proses tersebut. Oleh karena itu, latar belakang budaya yang sarat dengan masalah kehidupan sehari-hari perlu terus digali dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika agar peserta didik dapat belajar sesuai dengan prior-knowledge dan terjadi assimilasi dalam struktur kognitifnya. Hal ini selaras dengan rumusan UNESCO (1998) tentang pendidikan dalam abad ke-21 terfokus pada 3 (tiga) kunci penting, yaitu: the curriculum, the quality of teaching, dan the effectiveness of paedagogy and method of work

        Kata kunci: pembelajaran matematika, kontekstual, edutainment, budaya lokal, bencana alam

Item Type: 
Subjects: 
Divisions: 
Deposited By: 
Deposited On: 
Last Modified: 
Proceeding's article
-
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Matematika
Imam Kusmaryono
00 0000, 09:34:17
00 0000, 09:52:01
Sultan Agung Islamic University | Scientific Publications Repository is developed by the Information System Bureau of Sultan Agung Islamic University
View My Stats